0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Tutorial Install WordPress di CPanel Dengan Mudah

Cara Install WordPress di CPanel – Kini kemajuan dalam dunia website sudah semakin berkembang pesat. Kemajuan dunia website ini juga diikuti dengan bertambah banyaknya pengguna fasilitas untuk dapat mengakses ke dunia website. Jika dilihat dari sisi website, mulai banyak bermunculan berbagai layanan dan bahasa pemrograman baru dalam pembuatan website ini. Hal inilah yang menandakan kemajuan dunia website kian berkembang pesat. Dengan banyak munculnya layanan untuk membuat website ini, ternyata hingga kini platform WordPress lah yang masih mendominasi sebagai layanan pembuat website paling populer.

Cara Install WordPress di CPanel

Jika dilihat dari sejarahnya, platform WordPress dibuat pertama kali pada tahun 2003. Hasil ini tercipta berkat kerja keras dari Mike Little dan Matt Mullenweg. Seiring berjalannya tahun, WordPress semakin dikenal dan platform ini sangat cepat sekali dalam perkembangannya. Hal ini tak terlepas dari fitur – fitur yang dimilikinya, tampilan yang enak dilihat, dukungan dari berbagai komunitas yang menjadikannya kian kuat serta WordPress sebagai platform yang bersifat open source.

Kenapa Mesti WordPress ?

Menurut survey, hingga kini semua website ataupun blog yang berada di Internet sebanyak 34% nya menggunakan platform dari WordPress ini. Bahkan untuk total jumlah pengguna CMS sendiri, WordPress terhitung bisa mendominasi dengan persenstase angka sebesar 60.8%. Hal ini membuktikan WordPress sudah memiliki cakupan wilayah yang besar untuk penggunanya hingga saat ini.

Alasan lain kenapa pengguna website lebih memilih menggunakan platform ini ialah kemudahan dalam install WordPress dan penggunaannya. Nah, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial install WordPress di cPanel dengan mudah. Tutorial ini sangat cocok bagi pemula karena kita akan membahasnya secara detail.

Tutorial Install WordPress di CPanel

Baiklah sesuai dengan janji admin sebelumnya kita akan membahas tutorial install WordPress di cPanel dengan mudah. Cara yang dapat dilakukan untuk menginstall WordPress adalah dengan melalui cPanel. Apa sih cPanel ? Mungkin sebgian dari kamu masih ada yang asing mendengan kata ini. Dilansir dari Wikipedia, cPanel ialah sebuah panel untuk mengontrol layanan hosting website yang berada di sistem Linux yang dimana panel ini dapat memberikan tampilan secara grafis, dan panel ini berfungsi untuk memudahkan proses hosting. Oleh karena itulah dalam menginstall WordPress ini cPanel menjadi tempat pertama yang dilakukan.

Di dalam cPanel itu sendiri kamu bisa melakukan 2 cara untuk mengintall WordPress ini. Cara yang pertama adalah dengan cara manual, sementara cara yang kedua kamu bisa lakukan dengan aplikasi auto installer bernama Softaculous. Namun pada artikel kali ini admin hanya akan membahas cara install WordPress secara manual saja. Tanpa berlama – lama berikut ini tutorial install WordPress di cPanel secara manual :

Tutorial 1

Pertama – tama yang mesti kamu lakukan dalam menginstall WordPress ini ialah dengan mendownload terlebih dahulu file instalasi WordPress terbaru. Kamu bisa mendownload file tersebut dengan mengunjungi situs resminya. Nah, di situs resminya itu kamu akan menemukan tempat untuk mendownload file ZIP dari WordPress terbaru. File yang akan kamu download ini merupakan syarat utama untuk dapat melanjutkan proses install WordPress di cPanel ini. Jika sudah kamu download, berikutnya kita akan lanjut tutorial kedua.

Tutorial 2

Setelah kamu berhasil mendownload file Install WordPress dalam bentuk ZIP, Langkah selanjutnya ialah dengan mengupload file ZIP tersebut menggunakan file manager. Perlu diingat, file ZIP yang akan kamu upload tersebut jangan kamu extract. Nah, apa sih file manager itu ? Dimana letak File Manager itu ? Dan bagaimana cara mengupload file ZIP nya ? Baiklah akan admin jawab satu per satu, File Manager itu merupakan tempat untuk file ZIP yang akan kamu upload. Letaknya berada di dalam cPanel dan biasanya berada di bagian bawah.

Dan berikut langkah – langkah upload file ZIP nya :

1.    Silahkan akses dan buka File Manager tersebut.

2.    Cari direktori public_html di kolom bagian kiri, kemudian cari tombol upload di bagian menu.

3.    Tunggulah sampai proses bar upload tersebut menjadi warna hijau, kemudian klik “Go Back” yang letaknya berada di bagian bawah.

4.    Pilih file ZIP WordPress yang tadi telah kamu download, kemudian pilih Extract.

5.    Setelah file tersebut di extract, file ZIP itu akan berada di folder WordPress. Nah untuk dapat mengakses blog / website kamu itu maka langkah selanjutnya kamu harus memindahkan semua file yang ada di dalam folder WordPress tadi ke direktori public_html/wordpress. Jika sudah, hapus kata WordPress di file tersebut dan kamu akan mendapatkan tujuan ke direktori public_html tersebut. Kemudian klik move.

6.    Setelah file WordPress tadi kamu pindahkan ke direktori public_html, langkah selanjutnya kamu bisa menghapus folder wordpress dan file ZIP yang tadi.
Jika kamu sudah berhasil melakukan langkah seperti yang admin jabarkan di atas, maka selanjutnya kita menuju ke tutorial yang ketiga.

Tutorial 3

Langkah berikutnya ialah membuat database MySQL. Kamu bisa menggunakan MySQL Database atau juga bisa MySQL Databases Wizard dalam membuat database ini. Misalnya jika kamu menggunakan MySQL Databases Wizard ini kamu hanya perlu mengisi informasi seperti nama database tersebut, username dan password, setelah itu kamu tinggal menekan tombol “Create User” saja. Jika semua informasi sudah terisi, berikutnya kamu akan memberi hak akses ke user kamu dengan memilih opsi “All Privileges” dan kemudian klik “Next Step”.

Jika sudah maka database MySQL pun sudah selesai dibuat, berikutnya lanjut ke tutorial terkahir.

Tutorial 4

Terakhir, langkah install WordPress selanjutnya ialah menjalankan instalasi WordPress. Jadi setelah semua sudah diunggah dan database MySQL tadi juga sudah siap, sekarang kamu harus membuka domain kamu di browser untuk bisa melanjutkan proses instalasi
Berikut langkah – langkahnya :

1.    Silahkan pilih bahasa yang dapat kamu mengerti.

2.    klik “Let’s Go” untuk mengisi informasi database MySQL yang sudah kamu buat tadi.

3.    Kemudian isilah informasi database MySQL tersebut.

4.    Lanjut ke proses instalasi, Silahkan ketik Run to Install.

5.    Jika sudah, isilah informasi website dan administratornya. Seperti judul website kamu, username admin, password admin, email admin, lalu pada bagian Search Engine Visibility admin sarankan sebaiknya jangan dicentang saja karena nantinya akan dapat menghalangi search engine / mesin pencari mengakses website kamu.

6.    Proses install WordPress menggunakan cPanel selesai dilakukan.

Tulis Komentar